BIWA Bazaar

our stand at BIWA Bazaar

Hari Minggu tanggal 30 Oktober 2016 kami ikut berpartisipasi di BIWA Bazaar 2016. Bazaar ini diadakan setahun sekali dan dana registrasi yang terkumpul akan digunakan untuk kegiatan charity organisasi BIWA sendiri. Menyesal di tahun-tahun sebelumnya kami ga pernah datang. Tahun ini kami mendaftar jadi salah satu vendornya. Trus jualan apa di sana? Pas banget memang timingnya karena saya baru selesai produksi baju pantai dengan ornamen tassel dan pom-pom, jadi kami jual baju pantai ini. Tadinya mau nambahin jual preloved dress dan buku tapi jadi ga fokus sama niche.
Jadi bajunya sudah selesai diproduksi awal Oktober, kemudian saya langsung menghubungi panitia BIWA via telpon. Nanti saya cantumkan di bawah kontaknya jika kalian ingin ikut berpartisipasi tahun depan. Biaya pendaftarannya sendiri IDR 350.000 (sepertinya tiap tahun harganya berbeda). Dengan biaya ini kami dapat meja ukuran 180 cm x 60 cm, dua buah kursi, dan taplak meja. Jika perlu aliran listrik bisa didapatkan dengan tambahan biaya IDR 200.000, tapi kami ga pakai. Acaranya sendiri di lapangan parkir Lottermart di Jalan ByPass yang ke arah Sanur. Tema tahun ini yang diusung adalah Say No To Plastic, Bring Your Own Shopping Bag. Jadi diharapkan para vendor ga memberikan tas plastik. Akhirnya kami buat tas kertas coklat polos dengan tali pegangan warna kuning, karena akhir-akhir ini saya lagi suka warna kuning.

Sehari sebelumnya ada briefing dari panitia mengenai jam loading barang, jam tutup, dan lain-lain. Detailnya bisa lihat di foto berikut (klik aja untuk memperbesar)
biwa-bazaar-rules

Saat hari H kami berangkat dari rumah jam 7 lewat beberapa menit. Ga nyampe 15 menit kami sudah tiba di lokasi. Ga macet sama sekali. Barang-barang langsung kami turunkan dan Mamat bantu set-up dekorasi dan gantungan baju. No fight or argument about the setting as we have discussed the day before so it went smoothly. Sebelum jam 9 stand kami sudah tertata dengan baik. Saat ngelirik ke tetangga sebelah kanan dan depan, masih kosong. Beberapa saat kemudian semua stand/meja sudah terisi. Sepertinya rejeki di pagi hari buat kami, pembeli pertama langsung datang selang beberapa saat. Saya dan Mamat bersemangat sekali dan somehow it makes us more united. Setelah pembeli pertama berlalu, saya keliling area bazaar dan memang menarik-menarik barang yang dijual di sini. Ada satu area khusus untuk anak-anak. Saya mampir ke satu stand yang jual mainan edukasi dengan harga yang didiskon 50%. Di sebelah area anak-anak, ada area fashion. Salah satunya tentu ada stand saya, untungnya barang yang dijual ga ada yang sama dengan barang saya. Di area fashion ini dijual barang baru dan preloved. Tetangga sebelah saya jual pakaian preloved dengan harga 25k -50k saja. Lumayan bagi yang suka hunting preloved stuff. Area berikutnya adalah area makanan. Saya mencoba chicken mushroom pie, nasi kuning Gorontalo, dan susu almond. Selain perlengkapan anak-anak, adult fashion dan makanan, ada juga random stand seperti stand yang menjual barang recycle dari kaca dan stand fitness.

Untuk cuaca sendiri alhamdulillah ga hujan. Lumayan banyak breeze tapi sempat yang super panas tanpa angin. Saya sudah bawa kipas kertas dan elektrik buat kami berdua. It helps! Biar ga dehidrasi, saya juga bawa beberapa botol air mineral tapi ternyata kurang dan untungnya bisa langsung beli di Lottemart.

Overall, pengalaman bazaar kami ini cukup menyenangkan dan kami semangat untuk ikutan bazaar lagi. Beruntungnya di Bali ada bazaar rutin di beberapa area. Lumayan jadi kegiatan alternatif saat weekend . Tips bagi yang ingin ikutan bazaar ini, sebaiknya pilih meja bagian barat (lebih dekat ke parkiran) karena pengunjung masuk secara random dari parkiran sehingga yang bagian timur jarang dilewatin. Dan pilih bagian tengah biar barangnya ga terlalu terexpose sinar matahari. Berikut foto-foto yang saya sempat ambil di pagi hari.

Opening BIWA Bazaar

Opening BIWA Bazaar

BIWA Bazaar Preparation

Meja yang sudah disiapkan sehari sebelumnya

BIWA Bazaar Bali

Our beachwear collection

Name Tag BIWA Bazaar

Tanda Pengenal yang harus dikenakan selama Bazaar berlangsung

BIWA Bazaar Bali

salah satu stand fashion

BIWA Bazaar Bali

Salah satu vendor yang menjual recycle stuff

My supportive husband

My supportive husband

Kantor BIWA
Jalan Tirta Ening no. 15A, Sanur
Telp: 0361 – 286342
Email: infobiwaonline@gmail.com