visa circulation

Berhubung saya baru dapat visa court séjour (jangka pendek) ke Perancis buat liburan natal nanti, jadi saya akan tulis di sini gimana caranya. Karena kebanyakan informasi yang ada saat blogwalking adalah cara untuk ngedapetin visa long séjour (visa jangka panjang bagi yang akan menetap di Perancis).

Visa court séjour (jangka pendek) harus kamu punya saat berkunjung ke Perancis dan wilayah Schengen lainnya jika berencana tinggal kurang dari 90 hari. Kedutaan biasanya akan memberikan masa berlaku visa yang lebih panjang dari visa schengen, antara satu sampai lima tahun tergantung masa berlaku paspor kamu. Visa dengan masa berlaku panjang ini disebut visa sirkulasi (court séjour circulation). Jika sudah punya visa sirkulasi kita bisa bolak-balik ke Perancis tanpa harus urus visa lagi. Tapi ingat dengan visa ini kamu ga bisa tinggal di Perancis lebih dari 90 hari dalam kurun waktu 180 hari. Buat saya cukup aman karena rencana ke Perancis hanya saat libur natal dan summer yang setiap kedatangan sekitar 2 – 4 minggu. Disarankan untuk membuat visa ini setidaknya dua minggu sebelum keberangkatan.

Sejak  tanggal 1 November 2015, pasangan warga Perancis ga lagi datang ke Kedutaan untuk ngurus visa. Mereka udah menyerahkan ke TLScontact. Jadi bawa semua dokumen yang diperlukan dan langsung aja datang ke alamat di bawah ini (type di Google Map langsung muncul kok). Ga usah bikin account dan buat janji di website TLS ya. Datang aja langsung dan bilang kalo kamu pasangan warga Perancis, mereka akan langsung mengarahkan kita ke loket nomor 6.

Alamat kantor TLScontact Jakarta
Menara Anugrah Lantai 3
Lingkar Mega Kuningan
Jakarta (disamping kedutaan Thailand)

Telp: 021-29852777

Untuk caranya sangat mudah, jangan khawatir semua dokumen bisa didapat dengan cepat.

  1. Isi formulir aplikasi untuk visa Schengen. Bisa download di sini . Saat pengisian jangan lupa centang box “Multiple entries” di kolom nomor 24 ya.
  2. Pas foto terbaru ukuran 3,5 cm x 4,5 cm dengan BACKGROUND PUTIH. Muka harus kelihatan 70-80%. Bilang ke orang studio fotonya untuk buat foto visa pasti udah ngerti kok. Kalo kamu jago motret, bisa foto sendiri di rumah dengan syarat kualitas foto dan kertas cetak harus yang ok.
  3. Fotokopi surat nikah (acte de mariage) terbaru yang dicap kurang dari 2 bulan lalu. Berhubung kami nikah bulan Mei dan saya baru buat visa tanggal 3 Desember kemarin, sehingga surat nikahnya udah ga berlaku. Jadi Matt telpon ke Kedutaan dan minta dibuatkan yang baru. Responnya cepat dan keesokan harinya udah dikirim via email. Hubungi Madame Cempaka di nomor 021 – 23.55.76.00 atau Email ke admin-francais.jakarta-amba@diplomatie.gouv.fr dengan cc ke  cempaka.siata@diplomatie.gouv.fr
  1. Fotokopi Kartu Keluarga dari Perancis (livret de famille francais)
  2. Fotokopi bukti kewarganegaraan Perancis dari pasangan kamu (kemarin saya sertakan KITAS, Paspor, dan kartu konsulatnya Matt)
  3. Berhubung tiket udah dibeli via online, jadi sekalian saya sertakan aja bukti pembelian tiket PP.
  4. Last minute, kami bingung apa perlu beli travel insurance karena di website TLScontact dan kedutaan ga dicantumkan tentang travel insurance ini tapi di formulir aplikasi visa tercantum perlu punya. Akhirnya sehari sebelumnya, Matt beli via online travel insurance untuk 21 hari seharga 45 Euro. Saya deg-degan karena Matt asal beli aja, dia search di Google dan langsung klik yang baris pertama. Semoga terpercaya deh ini insurance. Saat saya di kantor TLS, saya tanya sama petugasnya kenapa ga dicantumin mengenai travel insurance ini, jawaban mereka karena kedutaan ga mewajibkan namun jika ternyata dirasa perlu maka TLS akan menghubungi dan meminta kamu untuk menyertakannya. Jadi 2x kerja mah kalo gitu.
  1. Paspor asli dan fotokopi.

Kalo udah lengkap semua langsung aja meluncur ke kantor TLS pagi hari ya, jam 08.00 sampai jam 12.00. Serahkan dokumen dan langsung buat data biometrik (foto dan sidik jari). Kalo udah pernah diambil sebelumnya ga perlu lagi. Tandanya udah pernah kalo ada keterangan VIS di visa Schengen sebelumnya.

Saat di dalam kantor TLScontact dilarang membawa dan menggunakan hape. Disediakan loker atau titip ke pasangan kamu jika ikut menemani.

Buat visa ini ga bayar ya, 100% gratuit! Setelah semua selesai tinggal nunggu 48 jam atau kurang dan mereka akan menghubungi via email atau sms. Paspor bisa diambil langsung atau dikirim ke konsulat di Bali.

Selamat berlibur dan semoga info ini bermanfaat 🙂